photo cls5_2.jpg  photo ABE1.jpg  photo frd.jpg

TUGAS DAN FUNGSI POKOK (TUPOKSI) SMP MUHAMMADIYAH 3 NGAWI

TUGAS DAN FUNGSI POKOK (TUPOKSI)
SMP MUHAMMADIYAH 3 NGAWI

I.Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah (EMASLIM).
1.Kepala Sekolah sebagai Pendidik (Educator)
a.Membimbing guru dalam hal menyusun dan melaksanakan program pengajaran, mengevaluasi hasil belajar dan melaksanakan program pengajaran dan remedial.
b.Membimbing karyawan dalam hal menyusun program kerja dan melaksanakan tugas sehari-hari.
c.Membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler, OSIS dan mengikuti lomba diluar sekolah.
d.Mengembangkan staf melalui pendidikan/latihan, melalui pertemuan, seminar dan diskusi, menyediakan bahan bacaan, memperhatikan kenaikan pangkat,mengusul-kan kenaikan jabatan melalui seleksi calon Kepala Sekolah.
e.Mengikuti perkembangan iptek melalui pendidikan/latihan, pertemuan, seminar, diskusi dan bahanbahan.
2.Kepala Sekolah sebagai Manajer (Manager)
a.Mengelola administrasi kegiatan belajar dan bimbingan konseling dengan memiliki data lengkap administrasi kegiatan belajar mengajar dan kelengkapan administrasi bimbingan konseling.
b.Mengelola administrasi kesiswaan dengan memiliki data administrasi kesiswaan dan kegiatan ekstra kurikuler secara lengkap.
c.Mengelola administrasi ketenagaan dengan memiliki data administrasi tenagagu-ru, karyawan (TU/laboran/teknisi/perpustakaan).
d.Mengelola administrasi keuangan, baik administrasi keuangan rutin, OPF maupun Komite sekolah
e.Mengelola administrasi sarana/prasarana baik administrasi gedung/ruang, mebelair, alat laboratorium, perpustakaan.
3.Kepala Sekolah sebagai Pengelola Administrasi (Administrator)
a.Menyusun program kerja, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
b.Menyusun organisasi ketenagaan di sekolah, baik Wakasek, Walikelas, Ka TU, Bendahara, Personalia Pendukung misalnya pembina perpustakaan, pramuka, OSIS, olah raga. Personalia kegiatan temporer, seperti Panitia Ujian, panitia peri-ngatan hari besar nasional atau keagamaan dan sebagainya.
c.Menggerakkan staf/guru/karyawan dengan cara memberikan arahan danmengko-ordinasikan pelaksanaan tugas.
d.Mengoptimalkan sumber daya manusia secara optimal, memanfaatkan sarana/prasarana secara optimal dan merawat sarana prasarana milik sekolah.
4.Kepala Sekolah sebagai Penyelia (Supervisor)
a.Menyusun program supervisi kelas, kegiatan ekstra kurikuler dan sebagainya.
b.Melaksanakan program supervisi baik supervisi kelas, dadakan, kegiatan ekstra kurikuler dan lainlain.
c.Memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja guru/karyawan dan untuk pengembangan sekolah.
5.Kepala Sekolah sebagai Pemimpin (Leader)
a.Memiliki kepribadian yang kuat, jujur, percaya diri, bertanggungjawab, berani mengambil resiko dan berjiwa besar.
b.Memahami kondisi anak buah, baik guru, karyawan dan anak didik.
c.Memiliki visi dan memahami misi sekolah yang diemban.
d.Mampu mengambil keputusan baik urusan intern maupun ekstern.
e.Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tertulis.
6.Kepala Sekolah sebagai Pembaharu (Inovator)
a.Mampu mencari, menemukan dan mengadopsi gagasan baru dari pihak lain.
b.Mampu melakukan pembaharuan di bagian kegiatan belajar mengajar danbim-bingan konseling, pengadaan dan pembinaan tenaga guru dan karyawan, kegiatan ekstra kurikuler dan mampu melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya manusia di BP3 dan masyarakat.
7.Kepala Sekolah sebagai Pendorong (Motivator)
a.Mampu mengatur lingkungan kerja.
b.Mampu mengatur pelaksanaan suasana kerja yang memadai.
c.Mampu menerapkan prinsip memberi penghargaan maupun sanksi hukuman yang sesuai dengan aturan yang ada.


II.Tugas Wakil Kepala Sekolah
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam: