TUGAS DAN FUNGSI POKOK
(TUPOKSI)
SMP MUHAMMADIYAH 3 NGAWI
I.Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah
(EMASLIM).
1.Kepala Sekolah sebagai
Pendidik (Educator)
a.Membimbing guru dalam hal menyusun
dan melaksanakan program pengajaran, mengevaluasi hasil belajar dan melaksanakan
program pengajaran dan remedial.
b.Membimbing karyawan dalam hal
menyusun program kerja dan melaksanakan tugas sehari-hari.
c.Membimbing siswa dalam kegiatan
ekstra kurikuler, OSIS dan mengikuti lomba diluar sekolah.
d.Mengembangkan staf melalui
pendidikan/latihan, melalui pertemuan, seminar dan diskusi, menyediakan bahan
bacaan, memperhatikan kenaikan pangkat,mengusul-kan kenaikan jabatan
melalui seleksi calon Kepala Sekolah.
e.Mengikuti perkembangan iptek melalui
pendidikan/latihan, pertemuan, seminar, diskusi dan bahanbahan.
2.Kepala Sekolah sebagai
Manajer (Manager)
a.Mengelola administrasi kegiatan
belajar dan bimbingan konseling dengan memiliki data lengkap administrasi
kegiatan belajar mengajar dan kelengkapan administrasi bimbingan konseling.
b.Mengelola administrasi kesiswaan
dengan memiliki data administrasi kesiswaan dan kegiatan ekstra kurikuler
secara lengkap.
c.Mengelola administrasi ketenagaan
dengan memiliki data administrasi tenagagu-ru, karyawan
(TU/laboran/teknisi/perpustakaan).
d.Mengelola administrasi keuangan,
baik administrasi keuangan rutin, OPF maupun Komite sekolah
e.Mengelola administrasi
sarana/prasarana baik administrasi gedung/ruang, mebelair, alat laboratorium,
perpustakaan.
3.Kepala Sekolah sebagai
Pengelola Administrasi (Administrator)
a.Menyusun program kerja, baik jangka
pendek, menengah maupun jangka panjang.
b.Menyusun organisasi ketenagaan di
sekolah, baik Wakasek, Walikelas, Ka TU, Bendahara, Personalia Pendukung
misalnya pembina perpustakaan, pramuka, OSIS, olah raga. Personalia kegiatan
temporer, seperti Panitia Ujian, panitia peri-ngatan hari besar
nasional atau keagamaan dan sebagainya.
c.Menggerakkan staf/guru/karyawan
dengan cara memberikan arahan danmengko-ordinasikan pelaksanaan tugas.
d.Mengoptimalkan sumber daya manusia
secara optimal, memanfaatkan sarana/prasarana secara optimal dan merawat sarana
prasarana milik sekolah.
4.Kepala Sekolah sebagai
Penyelia (Supervisor)
a.Menyusun program supervisi kelas,
kegiatan ekstra kurikuler dan sebagainya.
b.Melaksanakan program supervisi baik
supervisi kelas, dadakan, kegiatan ekstra kurikuler dan lainlain.
c.Memanfaatkan hasil supervisi untuk
meningkatkan kinerja guru/karyawan dan untuk pengembangan sekolah.
5.Kepala Sekolah sebagai
Pemimpin (Leader)
a.Memiliki kepribadian yang kuat,
jujur, percaya diri, bertanggungjawab, berani mengambil resiko dan berjiwa
besar.
b.Memahami kondisi anak buah, baik
guru, karyawan dan anak didik.
c.Memiliki visi dan memahami misi
sekolah yang diemban.
d.Mampu mengambil keputusan baik
urusan intern maupun ekstern.
e.Mampu berkomunikasi dengan baik
secara lisan maupun tertulis.
6.Kepala Sekolah sebagai
Pembaharu (Inovator)
a.Mampu mencari, menemukan dan
mengadopsi gagasan baru dari pihak lain.
b.Mampu melakukan pembaharuan di
bagian kegiatan belajar mengajar danbim-bingan konseling, pengadaan dan
pembinaan tenaga guru dan karyawan, kegiatan ekstra kurikuler dan mampu
melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya manusia di BP3 dan masyarakat.
7.Kepala Sekolah sebagai
Pendorong (Motivator)
a.Mampu mengatur lingkungan kerja.
b.Mampu mengatur pelaksanaan suasana
kerja yang memadai.
c.Mampu menerapkan prinsip memberi
penghargaan maupun sanksi hukuman yang sesuai dengan aturan yang ada.
II.Tugas
Wakil Kepala Sekolah
Membantu dan bertanggung
jawab kepada Kepala Sekolah dalam: