Peranan
pendidikan IQ, EQ, dan SQ
Terhadap Pembentukan Prestasi Belajar PAI SIswa
a. Faktor
pendukung dalam peranan pendidikan IQ, EQ, dan SQ terhadap pembentukan prestasi
belajar:
Faktor pendukung dalam peranan
pendidikan IQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Dengan memberikan motivasi kepada anak didik akan menumbuhkan minat belajar
siswa untuk meraih prestasi belajar.
Faktor pendukung dalam peranan
pendidikan EQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Melakukan pembelajaran dengan baik
melalui pengalaman-pengalaman emosional yang ramah dan bersahabat. Perilaku
emosi cerdas yang diperlihatkan lingkungannya sekolah akan menyebabkan meningkatkan
prestasi belajar sisiwa.
Faktor pendukung dalam peranan
pendidikan SQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Dengan melakukan kegiatan-kegiatan
keagaman di sekolah seperti: Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur Berjamaah, Pondok
Ramadhan dll. Peran keluarga dan guru dalam membentuk dan meningkatkan serta
membina kecerdasan spiritual ini sangat dibutuhkan. Apa yang keluarga dan guru tunjukan
setiap harinya akan membentuk pribadi anak tersebut. Kondisi yang mendukung
seorang anak dalam keluarga dan sekolahan akan membuat kecerdasan spiritualnya
terbentuk dan terbina dengan baik sehingga prestasi belajar juga baik.
b. Faktor
penghambat dalam peranan pendidikan IQ, EQ dan SQ terhadap pembentukan prestasi
belajar:
Faktor penghambat dalam peranan
pendidikan IQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Pemberian makanan yang kurang bergizi merupakan salah satu factor penghambat
pembentukan prestasi belajar siswa.
Faktor penghambat dalam peranan
pendidikan EQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Orang tua yang tidak menyetujui, yang
bersifat kritis terhadap ungkapan perasaan-perasaan negatif anak dan barangkali
memarahi atau menghukum mereka karena mengungkapkan emosinya, akan menghambat
pembentukan prestasi belajar siswa.
Faktor penghambat dalam peranan
pendidikan SQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Kurangnya kegiatan – kegiatan keagaman
ketika berada di rumah maupun lingkungan tempat tinggal siswa.