photo cls5_2.jpg  photo ABE1.jpg  photo frd.jpg

Peranan pendidikan IQ, EQ, dan SQ Terhadap Prestasi Belajar

Peranan pendidikan IQ, EQ, dan SQ 
Terhadap Pembentukan Prestasi Belajar PAI SIswa

a. Faktor pendukung dalam peranan pendidikan IQ, EQ, dan SQ terhadap pembentukan prestasi belajar:

Faktor pendukung dalam peranan pendidikan IQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Dengan memberikan motivasi kepada anak didik akan menumbuhkan minat belajar siswa untuk meraih prestasi belajar.

Faktor pendukung dalam peranan pendidikan EQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Melakukan pembelajaran dengan baik melalui pengalaman-pengalaman emosional yang ramah dan bersahabat. Perilaku emosi cerdas yang diperlihatkan lingkungannya sekolah akan menyebabkan meningkatkan prestasi belajar sisiwa.

Faktor pendukung dalam peranan pendidikan SQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Dengan melakukan kegiatan-kegiatan keagaman di sekolah seperti: Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur Berjamaah, Pondok Ramadhan dll. Peran keluarga dan guru dalam membentuk dan meningkatkan serta membina kecerdasan spiritual ini sangat dibutuhkan. Apa yang keluarga dan guru tunjukan setiap harinya akan membentuk pribadi anak tersebut. Kondisi yang mendukung seorang anak dalam keluarga dan sekolahan akan membuat kecerdasan spiritualnya terbentuk dan terbina dengan baik sehingga prestasi belajar juga baik.
  

b. Faktor penghambat dalam peranan pendidikan IQ, EQ dan SQ terhadap pembentukan prestasi belajar:

Faktor penghambat dalam peranan pendidikan IQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Pemberian makanan yang kurang  bergizi  merupakan salah satu factor penghambat pembentukan prestasi belajar siswa.

Faktor penghambat dalam peranan pendidikan EQ terhadap pembentukan prestasi belajar:
Orang tua yang tidak menyetujui, yang bersifat kritis terhadap ungkapan perasaan-perasaan negatif anak dan barangkali memarahi atau menghukum mereka karena mengungkapkan emosinya, akan menghambat pembentukan prestasi belajar siswa.

Faktor penghambat dalam peranan pendidikan SQ terhadap pembentukan prestasi belajar:

Kurangnya kegiatan – kegiatan keagaman ketika berada di rumah maupun lingkungan tempat tinggal siswa.