photo cls5_2.jpg  photo ABE1.jpg  photo frd.jpg

KONDISI LINGKUNGAN SMP MUHAMMADIYAH 3 NGAWI

KONDISI LINGKUNGAN
SMP MUHAMMADIYAH 3 NGAWI

1. Kondisi Letak Geografis
SMP Muhammadiyah 3 Ngawi terletak di kota kecamatan Widodaren  berjarak 50 m di sebelah utara  kantor kecamatan Widodaren atau 30 km di sebelah barat kota kabupaten Ngawi, tepatnya di Jalan Raya Serlatan No. 120 Walikukun Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi.


2. Kondisi Demografis
Masyarakat di lingkungan SMP Muhammadiyah 3 Ngawi mayoritas bekerja di bidang perdagangan 69,23% masyarakat bekerja sebagai karyawan, 24,22%  sebagai tenaga kerja harian, dan sisanya 6,55% bekerja sebagai petani, guru, dan lain-lain. Masyarakat di lingkungan SMP Muhammadiyah 3 Ngawi mayoritas menganut agama Islam.

3. Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat
Kemampuan ekonomi masyarakat di lingkungan SMP Muhammadiyah 3 Ngawi mayoritas baik. Hal ini didukung oleh keberadaan pasar Walikukun sebagai pusat perdagangan masyarakat kecamatan Widodaren. Sedangkan sebagian masyarakat masih terdapat masyarakat miskin yang umumnya bekerja sebagai petani atau buruh tani yang menyekolahkan anak-anak mereka ke SMP Muhammadiyah 3 Ngawi.

4. Kondisi Politik dan Keamanan
Dalam bidang politik, pada umumnya masyarakat di lingkungan SMP Muhammadiyah 3 Ngawi tidak terlibat kegiatan politik praktis. Hal ini disebabkan masyarakat di lingkungan SMP Muhammadiyah 3 Ngawi adalah masyarakat pekerja, yang kegiatannya terkonsentrasi pada bidang pekerjaanya masing-masing.

Lingkungan di kompleks SMP Muhammadiyah 3 Ngawi cukup aman karena didukung oleh kesadaran seluruh masyarakat untuk hidup bersama, rukun, saling menghargai, saling menghormati, menjaga keharmonisan dan keamanan lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan kesediaan mereka melaksanakan kegiatan gotong-royong, siskamling, dan sebagainya.


5. Kondisi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
Perkembangan IPTEK di lingkungan SMP Muhammadiyah 3 Ngawi sangat pesat. Hal ini terbukti dengan mayoritas masyarakat memiliki alat akses teknologi terkini seperti HP, TV, komputer, internet dan lain-lain.

Selain itu kesadaran masyarakat dalam bidang pendidikan juga tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh tingginya persentase anak-anak di lingkungan SMP Muhammadiyah 3 Ngawi yang melanjutkan sampai jenjang pendidikan tinggi, di antaranya di UNS,  STKIP, UMS, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

6. Kondisi Kebijakan Pemerintah
Kondisi kebijakan pemerintah saat ini sangat mendukung perkembangan kemajuan pendidikan. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya bantuan yang diberikan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah seperti BOS, BSM, TPP, TFG dan lain-lain.


Kebijakan pemerintah lainnya yang juga mendukung kemajuan pendidikan yaitu bantuan pengadaan atau perbaikan sarana dan prasarana,  pelaksanaan diklat pendidik dan tenaga kependidikan, dan lain-lain.